Cara Berkembang Biak Cicak

Populasi cicak memang sangat banyak dan mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita tinggal. Saking banyaknya terkadang membuat kita menjadi jengkel. Secara umum, cicak sendiri berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Namun ternyata ada beberapa jenis cicak yang berkembang biak dengan cara bertelur beranak (ovovivipar). Cicak yang berkembang biak dengan cara bertelur beranak, akan menetaskan semua telurnya di dalam tubuh mereka dan melahirnya seperti mamalia. Inilah mengapa disebut sebagai bertelur beranak.

Cara Berkembang Biak Cicak

Proses perkembangan yang dilalui cicak sebenarnya sama dengan jenis reptil lainnya seperti contohnya buaya dan juga ular. Cicak di seluruh dunia kurang lebih mempunyai spesies sebanyak 2000 jenis yang berbeda.

  • Proses Perkawinan Cicak

Reptil yang satu ini melakukan proses perkawinan dengan cara seksual. Proses perkawinannya dengan cara kopulasi antara cicak betina dan cicak jantan. Hasil dari perkawinan tersebut akan menghasikan zigot yang nantinya secara alami akan membentuk telur.

Ditemukan juga beberapa jenis cicak yang tidak melangsungkan proses perkawinan tapi masih bisa menghasilkan telur. Jadi mereka tidak membutuhkan keberadaan cicak jantan untuk pembuahan. Proses ini disebut sebagai cloning yang nantinya anak dari cicak betina tersebut akan memiliki kemiripan sangat besar dengan induknya. Jadi proses kepunahan yang mungkin saja terjadi akan mempunyai peluang sangat kecil.

  • Masa Kehamilan Cicak

Dalam fase kehamilan cicak betina hanya mampu menghasilkan telur dua atau lebih telur saja. Mereka senang meletakkan telurnya pada tempat yang sulit dijangkau oleh hewan lain atau pun manusia. Wajar saja jika terkadang belakang almari menjadi tempat favorit cicak meletakkan telurnya.

  • Masa dan Proses Melahirkan Cicak

Proses melahirkan telur sampai dengan telur tersebut menetas biasanya membutuhkan waktu kurang lebih antara 30 sampai dengan 80 hari saja. Itupun dapat dipengaruhi dengan spesies cicaknya. Dalam kurun waktu satu tahun, satu cicak betina hanya mampu menetaskan telur sebanyak dua butir saja. Jadi 1 cicak betina mempunyai keturuann 2 ekor dalam setahun.

  • Pertumbuhan dan Perkembangan Cicak Sampai Dewasa

Seiring dengan berjalannya waktu cicak yang sudah berhasil menetas akan mulai tumbuh hingga menjadi cicak dewasa dengan bentuk tubuh yang sama. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, cicak tidak jarang memutuskan ekornya guna melindungi diri dari predator lain. Warna tubuhnya sangat khas yakni abu – abu dan kecoklatan.

Penulis rasa cukup sampai disini dulu penjabaran kali ini mengenai cara berkembang biak cicak. Mohon maaf jika informasi yang penulis berikan masih banyak kekurangan karena keterbatasan ilmu yang penulis miliki. Jangan pernah patah semangat untuk menebar manfaat. Sampai jumpa dan terima kasih.