Cara Berkembang Biak Kadal

Kadal merupakan kelompok binatang reptil meski tubuhnya sebagian besar terlihat mungil. Nama latin dari kadal ialah Lacertilia. Kadal merupakan salah satu reptil yang tergolong bisa dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar Anda. Hal ini tentu saja terdapat alasannya khusus. Proses perkawinan yang tidak membutuhkan jangka waktu lama dan banyaknya jumlah telur kadal yang menjadi alasan paling kuat kenapa kadal sangat mudah ditemukan. Selama habitat mereka tidak rusak, perkembangbiakannya pun akan semakin meningkat.

Cara Berkembang Biak Kadal

Kadal umumnya berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar), namun ada sebagian yang bertelur sekaligus beranak (ovovivipar). Jangan salah paham bahwasannya kadal bisa beranak, beranak disini sudah didahului dengan telur yang menetas di dalam perut kadal. Sehingga saat kadal dilahirkan akan terkesan seolah – olah kadal bisa beranak. Banyak penelitian yang sudah membuktikannya

  • Proses Perkawinan Kadal

Kadal yang memiliki ukuran tubuh kecil hingga menengah, masa perkawinannya mulai tiba saat mereka sudah menginjak usia minimal 1 tahun. Sedangkan yang memiliki ukuran besar, masa perkawinannya mulai tiba saat berusian kisaran 2 sampai 3 tahun. Sebagai tahap awal perkawinan, tidak sedikit kadal jantan melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk mendapatkan betina. Kadal betina akan tertarik untuk kawin pada kadal jantan yang mengeluarkan bau khas paling kuat dari kelenjar di bagian ekornya.

  • Masa Kehamilan Kadal

Setelah proses perkawinan selesai, biasanya antara kadal jantan dan kadal betina akan langsung berpisah dikarenakan kadal jantan akan mencari kadal betina sebanyak – banyaknya untuk dikawini. Kadal betina yang sudah dikawini akan segera mencari sarang yang tepat untuk meletakkan telur – telurnya kelak.

  • Masa dan Proses Melahirkan Kadal

Setelah proses bertelur, kadal tidak akan mengawasi telur – telurnya, tapi langsung meninggalkannya. Karena sang induk sebelumnya sudah memastikan bahwa sarang aman dari predator lain. Pada sebagian jenis hewan ovipar, setelah proses penetasan sang induk dari reptil – reptil muda seperti kadal akan langsung meninggalkan anak – anak mereka. Berbeda halnya dengan mamalia yang masih ada tanggung jawab untuk menyusui. Proses penetasan biasanya hanya membutuhkan waktu 3 bulan saja.

  • Pertumbuhan dan Perkembangan Kadal Sampai Dewasa

Bentuk tubuh kadal dari awal menetas sampai tumbuh menjadi kadal dewasa tidak terdapat metamorfosis. Bentuknya akan sama saja, yang membendakan hanya ukuran tubuhnya saja karena tumbuh dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Sampai disini dulu pembahasan yang bisa penulis berikan kepada Anda semua mengenai cara berkembang biak kadal. Semoga apa yang sudah penulis jelaskan bisa membantu proses pembelajaran sehari – hari, menambah wawasan baru dan tentunya membawa banyak manfaat. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis.