Cara Berkembang Biak Kupu-Kupu

Kupu – kupu dalam kehidupan sehari – hari memang keberadaannya sangat berperan dalam upaya proses penyerbukan tumbuhan. Namun sayang populasinya sudah semakin berkurang karena habitatnya banyak mengalami kerusakan. Hewan bernama latin … berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) dan pertumbuhannya mengalami perubahan bentuk (metamorfosis) yang cukup signifikan.

Cara Berkembang Biak Kupu – Kupu

Pada dasarnya kupu – kupu merupakan salah satu binatang masa hidupnya cukup singkat. Oleh karena itu populasinya jika tidak terjaga dengan baik, maka jumlahnya pun akan semakin berkurang drastis.

  • Proses Perkawinan Kupu – Kupu

Kupu – kupu melakukan perkawinan dengan cara seksual. Proses perkawinan yang dilakukan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Kupu – kupu betina biasanya akan lebih tertarik dengan kupu – kupu jantan yang mempunyai corak dan warna sayap lebih menarik. Di alamnya sana, sebelum melakukan perkawinan banyak pejantan yang bersaing memperebutkan betinanya.

  • Masa Kehamilan Kupu – Kupu

Berakhirnya masa kawin, menandakan proses bertelur akan tiba beberapa hari kemudian. Kupu – kupu ternyata tidak membutuhkan waktu lama untuk bertelur, karena mengacu pada masa hidupnya yang memang singkat. Jadi wajar saja tahap demi tahapan pada metamorosis kupu – kupu sangat cepat.

  • Masa dan Proses Melahirkan Kupu – Kupu

Saat bertelur, biasanya kupu – kupu meletakkan begitu saja pada permukaan daun tertentu yang dianggapnya memang sudah aman. Hanya saja cuaca buruk tiba, banyak telur ini akan hilang.

  • Pertumbuhan dan Perkembangan Kupu – Kupu Sampai Dewasa

Setelah telur kupu – kupu menetas dalam kurun waktu antara 4 sampai 5 hari, maka akan menjadi seekor ulat kecil. Ulat tersebut akan melewati masa petumbuhan dan perkembangan dengan makan dedaunan yang terdapat di sekitarnya dalam kurun waktu berhari – hari. Ulat ini nantinya juga akan mengalami pergantian kulit setidaknya 4 sampai 6 kali. Setelah proses makan selesai karena dianggap sudah memuaskan, maka ulat tersebut akan mulai melakukan perubahan menjadi kepompong yang disebut sebagai fase istirahat dan berlangsung selama 10 hari.

Pada fase istirahat ini kepompong sudah memiliki kaki, sayap dan juga kepala. Kepompong yang sudah mengalami kesempuranaan, selanjutnya akan berubah menjadi kupu – kupu cantik sesuai dengan jenisnya. Nah setelah menjadi kupu – kupu semua proses pertumbuhan kupu – kupu berakhir dan memasuki masa dewasa.

Sampai disini terlebih dahulu pembahasan yang bisa penulis jabarkan mengenai cara berkembang biak kupu – kupu. Bagi Anda yang senang dengan ilmu pengetahuan alam, pembahasan seperti rasanya akan sangat menyenangkan. Semoga apa yang sudah penulis jelaskan di atas bisa membantu Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan tentu saja membawa manfaat besar. Terima kasih atas perhatiannya, salam hangat dari penulis.