Cara Berkembang Biak Platypus

Platypus mudah dikenal berkat moncongnya yang menyerupai paruh bebek. Platypus merupakan salah hewan bernama ilmiah Ornithorhynchus anatinus yang termasuk dalam golongan mamalia, hanya saja platypus berbeda dengan yang lain. Jika mamalia sebagian besar melakukan perkembang biakan dengan cara beranak (vivipar), namun hewan yang satu ini justru berkembang biak dengan cara bertelur.

Cara Berkembang Biak Platypus

Perbedaan lain sebagai mamalia juga ditunjukkan oleh hewan platypus pada bagian kerangkanya. Ternyata pada bagian korset bahu terdapat tambahan tulang ekstra, termasuk dengan interclavide, yang memang tidak dimiliki oleh mamalia pada umumnya.

  • Proses Perkawinan Platypus

Perilaku reproduksi yang terjadi pada platypus cukup menarik, antara platypus jantan dan juga platypus betina bekerja sama membuat sarang khusus untuk melakukan perkawinannya. Jadi mereka melakukan perkawinan tidak mau di sembarang tempat. Musim kawin pada hewan yang satu ini tidak sepanjang tahun. Dimulai pada kisaran bulan Agustus sampai dengan Oktober setiap tahunnya. Usia matang untuk reproduksi pada pejantan platypus setelah menginjak usia 2 tahun, begitu pula dengan betinanya.

Proses perkawinannya juga cukup unit, karena membutuhkan waktu yang lama dan juga panjang. Sebelum proses perkawinan berlangsung sang pejantan tidak sedikit yang harus melewati pertarungan dengan pejantan lainnya. Racun yang terdapat pada bagian kaki belakang digunakan untuk melindungi diri.

  • Masa Kehamilan Platypus

Masa kehamilan platypus tidak terlalu lama. Hanya membutuhkan waktu kisaran 2 sampai dengan 4 minggu saja setelah kopulasi. Selanjutnya platypus betina akan membuat sarang khusus untuk bertelur.

  • Masa dan Proses Melahirkan Platypus

Meskipun platypus berkembang biak dengan cara bertelur, namun mereka tetap menyusui anak – anaknya karena memang masih termasuk golongan mamalia. Platypus hanya mampu menghasilkan 1 hingga 3 telur. Proses pengeraman dan tingkah lakunya hampir mirip dengan jenis aves yakni menduduki telurnya agar tetap dalam kondisi hangat. Jika proses ini tidak terjadi kendala karena platypus mampu mempertahankan suhu telurnya, maka telur pun akan lebih cepat menetas dengan waktu tercepatnya mencapai 10 hari.

  • Pertumbuhan dan Perkembangan Platypus Sampai Dewasa

Proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh platypus tidak memiliki perubahan bentuk yang signifikan. Yang menjadi poin pentingnya adalah ukurannya saja akan mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Lemak susu yang dihasilkan oleh induknya akan sangat membantu mempercepat proses tumbuh dan berkembangnya.

Sekian penjelasan dan ulasan yang bisa penulis bagikan mengenai cara berkembang biak platypus. Jangan bosan – bosan untuk belajar dan berbagi manfaat. Sampai bertemu kembali di kesempatan yang tidak kalah menarik. Terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel kali ini dan salam hangat selalu dari penulis.